About Me

header ads

Rayuan Gombal Pidato Viral Hari Guru Nasional

Sepia menjalani sebagai seorang guru. Ngajar ngaji kitab suci al-Quran


Oleh: Lukni Maulana An Nairi


SURAT untuk Sepia yang tiap hari menjalani sebagai seorang guru, baik guru sebagai profesi dan guru sebagai pengabdian.

Hai Sepia kamu jangan terperdaya dengan pidato viral Hari Guru Nasional itu, meski isi pidato diawal dikatakan tidak ingin berkata-kata inspiratif dan retorik. Tetapi sesungguhnya itu rayuan gombal yang inspiratif dan penuh retorika. Lebih baik membaca surat yang saya tulis, surat rayuan yang lebih dari gombal.

Hai Sepia pagi-pagi kamu sudah mempersiapkan diri untuk berangkat ke sekolahan supaya sampai sekolah tidak sampai pukul 07.15 Wib. Jika sampai lebih dari pukul tersebut bahasa ilmiahnya “telat” kamu akan terbebani  dengan denda Rp. 10.000,-. Bahkan jika tidak masuk mengajar dengan status izin juga terbebani denda Rp. 15.000,- per hari. Meski perjalanan panjang dari rumah ke sekolah sekitar 30 Km, kamu menjalaninya dengan ceria.

Hai Sepia meski gaji guru cukup hanya untuk ganti ongkos beli Pertalite, kamu masih tetap menjalaninya sudah lebih dari sepuluh tahun. Jika Pertalite habis, kamu harus mengeluarkan biyaya tambahan karena harus berganti Pertamax. Belum lagi jika ban bocor, service, dan ganti oli.

Hai Sepia kamu mengajar dari pukul 07.15 hingga siang hari. Setelah itu berlanjut dari siang hingga sore hari. Sampai di rumah waktu sudah menunjukan saatnya shalat maghrib, lalu kamu menjalankan ibadah shalat. Selesai shalat maghrib kamu belum bisa isirahat, karena anak-anak mengantri ngaji kitab suci al-quran.

Hingga waktu shalat isya anak-anak yang ngaji kitab suci pulang ke rumah masing-masing. Kamu juga belum bisa istirahat, sebab anak-anakmu sendiri membutuhkan pembelajaran darimu. Bagimu mengajar adalah istirahat, istirahat adalah mengajar itu sendiri. Setelah larut malam anak-anak baru tidur kamu masih membersihkan segala sesuatunya yang kotor di rumah.

Lalu kamu masih tetap mengajar,
kali ini saya yang dihajar

25 Nobember 2019